KyoShiroMibu. Powered by Blogger.

Pengenalan RPG maker XP

Posted by KABRENO BLOG

Egine RPG maker XP
RPG Maker XP (RPG ツ ク ー ル XP) adalah versi PC dalam seri pembuat RPG program yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Enterbrain. Ini adalah versi PC pertama yang secara resmi diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dirilis di luar Jepang, dan program kedua dalam seri yang akan dirilis pada platform Steam. Hal digantikan oleh RPG Maker VX.
Fitur

RPG Maker XP mengintegrasikan bahasa pemrograman Ruby, yang memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar pembangunan dibandingkan dengan sistem murni perintah berbasis pendahulunya. Ruby tidak langsung mendukung grafik atau audio, Ruby Game Scripting Sistem disertakan untuk menyediakan sebuah antarmuka untuk ini serta struktur data dasar yang digunakan oleh editor. Program EULA memungkinkan permainan untuk dijual.Versi ini adalah RPG Maker pertama sejak RPG Maker 95 untuk fitur resolusi 640 × 480, dibandingkan dengan 320 × 240 resolusi RPG Maker 2000 dan RPG Maker 2003. Resolusi program dapat ditingkatkan melalui sistem program scripting, meskipun ini membutuhkan memodifikasi RGSS tersebut.RPG Maker XP menggunakan sumber grafis untuk layar judul, permainan berakhir layar, karakter set, tile set, efek transisi, animasi pertempuran, ikon pertempuran, ikon item, latar belakang, dan jendela kulit. Grafis baru dapat dibuat oleh pengguna melalui perangkat lunak editing gambar. Program ini dapat menerima hampir semua ekstensi grafis seperti PNG, BMP, JPEG dan. Namun, bila menggunakan GIF animasi gambar, naskah harus masukan ke dalam database untuk animasi untuk menampilkan, jika gambar yang mati.Sistem pertempuran untuk RPG Maker XP secara default orang pertama perspektif dan turn-based. Pengguna dapat membuat animasi serangan baru dan gambar impor digunakan untuk latar belakang pertempuran. Sistem pertempuran dapat diedit oleh pengguna, dalam batas-batas program, karena ditulis dalam database menggunakan kedua RGSS dan Ruby.Karakter yang ditampilkan dalam set (bernama "Karakter Set", atau "charset"). Setiap animasi ditampilkan dalam persegi 1/4 tinggi dan ukuran file, yang membuat 4 × 4 = 16 animasi untuk setiap charset. Cara animasi mereka dirancang memberi mereka ilusi bahwa mereka benar-benar berjalan.RPG Maker XP dilengkapi dengan kelas standar dan modul yang termasuk dalam Script Editor, tetapi beberapa di antaranya tersembunyi: RPG, Audio, Graphics, Input, Tilemap, Table, Window, Sprite, Bitmap, Viewport, dan Pesawat. Beberapa kelas-kelas tersembunyi tersedia dalam file bantuan, ditemukan di dalam program itu sendiri, tetapi yang lain tidak dapat diakses kecuali program ini diubah.Selain kelas permainan terkait dan modul, kelas Win32API Ruby sendiri termasuk memungkinkan ekstensi dramatis dengan cara langsung mengakses API Windows. Contoh dari hal ini adalah dukungan jaringan melalui Winsock API.
Mapping 
 
Mapping
Mapping atau Pemetaan adalah istilah yang diberikan pada penciptaan lingkungan karakter dan sekitarnya dengan menggunakan 32x32 pixel "ubin". RPGXP menggunakan tileset yang terdiri dari 8 file autotile dan 1 file gambar utama. Menurut Enterbrain:

    
File-file ini berisi ubin untuk pembuatan peta. Setiap tile berisi setidaknya satu blok frame pixel delapan 32 × 32 berbaris horizontal, tetapi dapat terus mengandung banyak blok yang diperlukan. Tidak ada batasan pada ukuran vertikal file itu.CATATAN: Editor RPGXP sendiri tidak mampu untuk menggulir secara vertikal benar melewati 1.032 ubin (sesuai dengan ukuran gambar dari 256x33024 piksel).Tegel ini dapat ditempatkan dalam urutan pola medan seperti lapangan rumput atau padang pasir tergantung pada tileset tersebut. Yang dihasilkan grafis yang ditampilkan di layar permainan.RPG Maker XP memiliki cara untuk mengidentifikasi ubin tertentu dan seberapa datar atau tinggi ubin tertentu akan menjadi. Misalnya tileset yang berisi pohon-pohon dan rumput keduanya memiliki ketinggian yang berbeda. Sebuah pohon biasanya tinggi dan harus berdiri di atas pemain, dan rumput biasanya di bawah kaki pemain. Dua fitur penting RMXP menggunakan untuk mengidentifikasi ini passability dan prioritas. Passability memberitahu sistem di mana karakter bisa lewat (berjalan). Misalnya sebuah batu besar biasanya akan ditetapkan sebagai jalan buntu; di sisi lain, jika batu memiliki seperangkat passability, karakter dapat tampaknya langkah melalui batu.Prioritas yang memberitahu sistem seberapa tinggi sesuatu dan bagaimana jauh lebih tinggi daripada itu adalah karakter. Sebuah prioritas 1 memberitahu sistem bahwa tile yang ditentukan di atas pemain. Sebuah contoh yang baik akan menjadi meja. Sebuah meja biasanya tidak lebih tinggi dari seseorang, karena itu akan memiliki prioritas rendah. Semakin tinggi prioritas tinggi ubin akan ditarik. Sebuah pohon yang cenderung lebih tinggi dari karakter akan memiliki prioritas 2 atau lebih (5 yang tertinggi). Dengan sistem ini, pemain akan terlihat seolah-olah mereka berjalan di bawah benda lebih tinggi.Pemetaan juga menggunakan empat lapisan: tiga lapisan tileset, dan lapisan acara. Ada juga lapisan kabut, yang menambahkan efek compositing alpha untuk permainan. Hal ini dapat digunakan untuk membuat kabut, atau bayangan pohon atau awan, misalnya.Kebanyakan game memiliki file grafis yang menyimpan teks. Teks dapat ditampilkan pada file grafis ini disebut windowskin a. File grafis ini biasanya berukuran 192 oleh 128 piksel. Windowskins membawa jendela dasar yang akan rumah teks yang ditulis oleh pengguna untuk karakter. Bagian kedua adalah windowframe yang memberitahukan pemain dari permainan bahwa ada lebih banyak teks yang akan ditampilkan melalui 16 oleh 16 ikon panah. Sebuah kursor perintah yang memberitahukan pemain dari apa yang dipilih, grafis jeda juga hadir, untuk memberitahu pemain bahwa mereka telah berhenti bersepeda melalui teks karakter. Ini berisi animasi empat bingkai yang membuatnya tampak seperti itu bergerak. Akhirnya ada panah kursor, sangat banyak seperti yang digunakan dalam komputer. Ini digunakan untuk membuat keputusan untuk menunjuk ketika seorang pemain dihadapkan dengan beberapa pilihan.Gambar dapat ditampilkan dalam game. Gambar yang disimpan dalam folder gambar dan harus diarahkan pada x dan y koordinat untuk memberitahu sistem di mana untuk menampilkan gambar. Gambar dapat ukuran dan dapat format-termasuk JPEG, PNG dan GIF-diperbolehkan oleh program. A 'image' ditampilkan tentang 5 lapisan-memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada efek permainan lainnya, termasuk jendela teks.
 
AudioRMXP menerima MIDI, OGG, MP3 dan WAV format suara. Ini merupakan perbaikan atas pendahulunya RMXP seperti RPG Maker 2003 (yang hanya bisa menerima MP3, MIDI atau suara WAV format, atau RPG Maker 2000 yang hanya bisa menerima MIDI atau WAV format suara).Juga, jika seseorang memiliki codec pack seperti K-Lite Codec Pack diinstal, maka pengguna dapat memainkan lebih banyak jenis format seperti FLAC dan M4A, meskipun tidak banyak, konversi audio ke M4A tidak hanya memiliki manfaat tambahan kualitas yang lebih baik , juga memakan banyak ruang dan dengan demikian, beban lebih cepat.RMXP memiliki 4 jenis musik yang berbeda, BGM, BGS, ME, SE. BGM singkatan latar belakang musik, yang merupakan musik yang diputar selama pertandingan. BGS singkatan latar belakang terdengar seperti suara jangkrik di malam hari. ME yang merupakan singkatan dari efek musik, seperti efek singkat, seperti horor, SE singkatan efek suara, suara cepat seperti anjing menggonggong.

IventIvent adalah metode menyebabkan berbagai elemen otomatis atau interaktif dalam permainan. Sebagian besar hal-hal yang terjadi di luar pertempuran dikendalikan oleh peristiwa yang dirancang oleh pencipta permainan. Ada 90 perintah acara, memungkinkan pencipta untuk melakukan tindakan seperti gerakan karakter, efek khusus seperti musik atau warna nada, dan perhitungan matematika yang rumit. Kejadian-kejadian tersebut bisa rumit atau sederhana. Variabel dapat menyimpan informasi seperti nomor atau teks yang akan digunakan oleh peristiwa. Sampai total 5000 variabel dapat dibuat. Acara yang dilaksanakan sebagai Ruby dan RGSS kode yang dapat dibaca melalui seorang penerjemah dalam database program yang kemudian mengeksekusi kode.Isi bonusVersi ritel Jepang termasuk demo berikut:
 
 Shiroi Kizuna (白 い 絆)
    
Cerita Alestian (Shine Garden)
    
Shishimura (し し む ら)
    
KNIGHT-Blade -Howling of Kerberos-
    
Untuk dekatVersi bahasa Inggris KNIGHT-Blade -Howling dari Kerberos- ditawarkan sebagai download yang terpisah di situs Enterbrain itu. Setelah membeli RPG Maker XP perangkat lunak tidak diperlukan untuk men-download permainan.
 
 

Related Post



Post a Comment